Para Ilmuwan Telah Menemukan Tuhan

Nazie Anaz | 09.29 |
Penellitian yang baru-baru ini dilakukan oleh para ilmuwan dari Organisasi Eropa untuk Riset Nuklir (CERN) cukup mengejutkan. Mereka telah menemukan Higgs Boson atau lebih dikenal dengan Partikel Tuhan merupakan partikel hipotesis yang mengisi massa menjadi materi. Partikel itu dianggap sangat penting, sebab dianggap bisa melengkapi bahkan menyempurnakan teori alam semesta yang diperkenalkan Albert Einstein.


Berdasarkan teori tersebut, Higgs Boson merupakan perantara yang kemungkinan membuat bintang, planet, dan kehidupan menjadi mungkin, dengan memberi massa untuk sejumlah partikel dasar. Ini juga dasar yang menyebut Higgs Boson disebut Partikel Tuhan.

Teori itu sendiri merupakan salah satu teori yang paling sukses di dunia fisika meski mempunyai sejumlah kelemahan. Salah satunya kelemahan terbesarnya karena tidak bisa menjelaskan mengapa sejumlah partikel mempunyai masa sedangkan yang lain, semisal cahaya, tidak.

Higgs Boson adalah partikel misterius yang selama ini hanya eksis dalam teori. Pencarian Higgs Boson berguna untuk mensahihkan Standar Model Fisika Partikel, terutama menerangkan mengapa suatu partikel memiliki massa dan yang lain tidak.

Diketahui, pada masa awal semesta, tepatnya setelah Big Bang, semua partikel tidak memiliki massa. lalu pada saat semesta mendingin, gaya yang disebut medan Higgs terbentuk bersama Higgs Boson. Interaksi dengan Higgs Boson menentukan apakah partikel akan memiliki massa. Diajukan oleh Higgs dan sejumlah ilmuwan lain, Boson itu diyakini terdapat dalam sebuah medan tidak terlihat, yang ada di semua tempat, dan diciptakan oleh Big Bang pada sekitar 14 miliar tahun silam.

Menurut teori itu partikel-partikel yang melewati medan Higgs akan melambat karena "menerima masa". Sebaliknya partikel lain, seperti cahaya, bisa melesat tanpa halangan.



Sumber : Sains. Kompas


Postingan yang Bersenggama



Comments
0 Comments

0 komentar :

Poskan Komentar

Silahkan tulis komentar atau sumpah serapah anda disini.
Belum tahu cara berkomentar? klik saja DISINI