Ternyata Puasa Ramadhan Itu Tidak Wajib

Nazie Anaz | 11.12 |
Sebelum membaca tulisan ini, saya sarankan terlebih dahulu pada anda untuk mengecek kadar emosional anda. Karena saya tidak bertanggung jawab bila otak anda terjadi kejang-kejang disertai umpatan sumpah serapah yang keluar dari bibir anda. 


Kenapa saya mengatakan bahwa Puasa Ramadhan itu Tidak Diwajibkan Oleh Tuhan ? 

Jika kita memperhatikan betul ayat yang biasa disampaikan para khatib dalam khutbah maupun para penceramah di bulan puasa, tidak kita temukan satupun ayat yang secara tegas menyuruh kita berpuasa. Yang ada hanya larangan dan hal yang dibolehkan selama puasa. Lantas siapa yang mewajibkan kita berpuasa? 
 
Para kyai dan para ustadz mengatakan, kalimat yang berisi perintah puasa ada di dalam kalimat “Kutiba” dalam rangkaian kata “Kutiba ‘Alaikumus Shiyam”. Padahal, kata "kutiba" bermakna “dituliskan” bukan diwajibkan. Seandainya Allah mewajibkan puasa bagi kita, maka kata “kutiba” harusnya diganti “furidlo” ataupun “wujiba”, yang bermakna difardlukan atau diwajibkan. 

Penggunaan kata kutiba tersebut mengindikasikan bahwa. Hal tersebut sudah ada sebelum alquran diturunkan. Karena hal tersebut sudah menjadi konsekuensi logis dari kehidupan manusia, sehingga tanpa perlu diperintah sekalipun harusnya dilaksanakan, sebagaimana makan, minum, tidur, dan lain sebagainya

Sama halnya dengan perbuatan selain kaitannya dengan puasa, seperti shalat, qishash, dan wasiyat, tanpa perlu ada perintah sekalipun sudah menjadi konsekuensi bagi seorang mukmin untuk melakukannya. Contohnya wasiyat, tanpa diwajibkan sekalipun sudah lazim orang yang memberi pesan sebelum meninggal. Qishash, sudah wajar dilakukan jika hilangnya nyawa dibalas nyawa. Shalat, sudah menjadi hal yang lumrah jika seorang hamba mengabdi dan melaporkan diri kepada tuannya, sebagaimana makhluk pada khaliknya. Puasa, adalah sebuah manifesto dari rasa syukur atas nikmat yang kita terima selama sebelas bulan, berbagi dengan orang yang biasa kelaparan, dan lain sebagainya.

Sehingga, sejatinya puasa tidak diwajibkan oleh Allah. yang mewajibkan adalah diri kita sendiri dalam hakikat kita sebagai seorang manusia yang beriman. Jika selama ini anda berpuasa karena perintah Allah, maka segeralah berubah, dan berpuasalah karena itu konsekuensi dari keimanan anda.


Postingan yang Bersenggama



Comments
5 Comments

5 komentar :

  1. ya almasih, benarkah kamu yang benar diantara umat nabi saw? padahal engkau tau siapa yang salah dan siapa yang benar. sungguh engkau berada dijalan yang sesat maka bertaubatlah kamu dengan menyebut nama tuhanku Allah swt rob yang menciptakan alam dan seisinya

    BalasHapus
  2. Puasa emang tidak wajib buat yang punya blog ini krna puasa itu cm bwt orang2 beriman dan bkn orang yg merasa sgala sesuatu y bisa dijabarkan oleh akal,krna ga smua hal bisa ditafsirkan oleh akal,contohnya ruh manusia,siapa yg tau dimana ruh ini berada didalam tubuh?apa bntuknya,apakah cair,padat ato apa?nah disini allah memberikan manusia keterbatasan jd ga smua hal dunia harus masuk logika kita

    BalasHapus
  3. Terimakasih atas sharing dan nasehatnya semua....

    BalasHapus
  4. DALIL-DALIL YANG MEWAJIBKAN
    PUASA KE ATAS UMAT ISLAM
    Firman Allah S.W.T : “Wahai orang-orang yang beriman, telah diwajibkan ke atas kamu berpuasa sebagaimana telah diwajibkan ke atas umat-umat yang sebelum kamu, semoga kamu menjadi orang- orang yang bertaqwa” (Surah Al-Baqarah: 183)
    Hadis Rasulullah S.A.W : Ditegaskan oleh Rasulullah S.A.W melalui sabdanya yang diriwayatkan oleh Ahmad, An- Nasa'i dan Al Baihaqi dari Abu Hurairah, yang bermaksud: "Sesungguhnya telah datang kepada kamu bulan Ramadhan bulan yang penuh berkat. Allah telah fardhukan ke atas kamu berpuasa padanya. Sepanjang bulan Ramadhan itu dibuka segala pintu syurga dan ditutup segala pintu neraka serta dibelenggu segala syaitan" Sudah terang lagi nyata bahawa berpuasa di bulan Ramadhan itu adalah wajib. Namun mengapa masih ada umat Islam tidak mahu mengambil berat tentang kewajipan ini...?

    BalasHapus
  5. bego aja mau sok atheis.biar di bilang freemason gt?

    BalasHapus

Silahkan tulis komentar atau sumpah serapah anda disini.
Belum tahu cara berkomentar? klik saja DISINI